Sejumlah anggota DPC dan PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kepulauan Sula, memalang Sekretariat DPC PPP di Desa Mangega, Sanana Utara. Foto: Istimewa
Sejumlah anggota DPC dan PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kepulauan Sula, memalang Sekretariat DPC PPP di Desa Mangega, Sanana Utara. Foto: Istimewa

Sejumlah anggota DPC dan PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kepulauan Sula, memalang Sekretariat DPC PPP di Desa Mangega, Sanana Utara.

Sahabat Umamit, salah satu pimpinan PAC PPP, mengatakan aksi ini buntut dari SK DPP yang menunjuk Bahudin Soamole sebagai Plt DPC PPP Kepulauan Sula.

“Padahal, hasil musyawarah cabang PPP ke-V beberapa waktu lalu, menetapkan Djauhar Buamona sebagai Ketua DPC PPP Sula, yang terpilih secara aklamsi dan itu sudah sesuai mekanisme partai,” ujar Sahabat, Jumat (20/5).

Ia bilang, dalam proses pengusulan SK, DPP PPP tiba-tiba menerbitkan SK Plt atas nama Bahudin Soamole, tanpa sepengetahuan pengurus DPC dan PAC PPP Sula.

“Bagi kami ini sangat keliru, sehingga kami menduga ada oknum-oknum tertentu yang terlibat bermain mata,” jelasnya.

Ia menegaskan, jika tuntutan mereka tidak diindahkan oleh DPP sesuai hasil Musda pada 9 Desember 2021, maka pihaknya akan memboikot seluruh aktivitas PPP di Kepulauan Sula.

“Agar segera mungkin dapat mengevaluasi SK Plt ilegal ini demi kebaikan DPC PPP,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PPP Kepulauan Sula, Bahudin Soamole, mengatakan SK yang ia peroleh dari DPP PPP sebagai definif. Bukan Plt.

“Itu dikeluarkan sejak 24 Februari 2022 dengan Nomor: 0496/ SK/DPP/C/II/2022. Bukan Jauhar Buamona,” jelasnya.

Menurutnya, Muscab yang dilaksanakan pada 9 Desember 2021 tidak mendapat persetujuan dari DPP.

Ini sesuai instruksi Plt DPW PPP Maluku Utara dengan Nomor: 07/IN-DPW-PPP-MALUT/XII/2021 pada 8 Desember 2021.

“DPC PPP Sula diimbau tidak melaksanakan Muscab, sebelum DPP mengeluarkan surat persetujuan pelaksanaan Muscab,” bebernya.

Sementara, Sekretariat DPC PPP Sula yang dipalang adalah rumah pribadi. Sedangkan Sahabat Umamit bukan pengurus DPC maupun PAC PPP Sula.

“Sekretariat DPC PPP yang resmi ada di Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, dan sudah terdaftar di KPU,” terangnya.

Menurutnya, persoalan ini hanya salah paham di lingkup DPC dan PAC PPP Sula.

“Jadi masalah ini hanya misskomunikasi. Saya akan benahi semuanya,” tutupnya. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here