Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi. (ANTARA/ (HO-Humas PPP)
Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi. (ANTARA/ (HO-Humas PPP)

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi tak keberatan jika Partai Amanat Nasional (PAN) diberi kursi Menteri atau Wakil Menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Pernyataan ini disampaikan pria yang karib disapa Awiek terkait ramainya isu reshuffle kabinet Indonesia Maju.

Awiek mengungkapkan reshuffle pada kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin seyogyany merupakan hak prerogatif Presiden.

“Meskipun isu reshuffle sudah lama sebenarnya, ya kalau kemudian PAN yang gabung ya wajar saja, namanya koalisi. Kalaupun kemudian PAN gajadi gabung, gak jadi masuk kabinet, ya juga biasa saja karena itu merupakan hak prerogatif dari presiden sebagai yang memiliki hak prerogatif,” kata Awiek kepada wartawan, Selasa (8/3).

Menurut Awiek, Presiden Jokowi melakukan kocok ulang atau reshuffle dengan memasukan kader PAN dalam kabinet Indonesia Maju.

“Yang begitu-begitu biasanya enggak ada kabar-kabaran. Dulu kan sudah pernah ketemu Ketum-Ketum partai untuk menyebutkan pak Zulhas (Zulkifli Hasan) teman koalisi baru. Saya kira itu sudah kode,” ujar Awiek.

Meski demikian, legislator PPP ini tak tahu pasti kapan Presiden Jokowi akan mengumumkan secara resmi reshuffle kabinet.

“Apakah kemudian di Rabu PON atau Rabu yang lain, ya semuanya dari presiden termasuk juga parameter menteri-menteri yang akan direshuffle, semuanya ada di presiden Jokowi,” tegas Awiek.

Sebelumnya tersiar kabar pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, terkait rencana reshuffle kabinet. Tetapi isu tersebut secara tegas dibantah oleh pria yang karib disapa Zulhas.

“Tidak benar (melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi),” kata pria yang karib disapa Zulhas kepada JawaPos.com, Senin (7/3) kemarin.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi pun menampik kabar pertemuan Zulhas dengan Jokowi. Dia menegaskan, Zulhas selama pekan kemarin melakukan konsolidasi di Jawa Tengah.

“Berita itu tidak benar, karena dalam sepekan kemarin Ketua Umum road show konsolidasi kader dan pemantapan persiapan pemilu di Jawa Tengah. Keliling ke seluruh kabupaten/ kota untuk bertemu dengan basis konstituen dan pengurus partai,” tegas Viva Yoga.

Menurut Viva Yoga, PAN sebagai partai koalisi akan tetap berkomitmen membantu kinerja Pemerintahan Jokowi. Khususnya terkait percepatan pemulihan ekonomi.

“Sebagai partai koalisi pemerintah, PAN tetap konsisten dan berkomitmen untuk membantu pemerintahan Presiden Jokowi dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan pemenuhan kebutuhan kesehatan rakyat,” ujar Viva Yoga menandaskan. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here