Anggota DPR dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi. (Foto: Istimewa)
Anggota DPR dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi. (Foto: Istimewa)

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau biasa disapa Awiek mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah punya tiket mengusung pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Hal ini karena jumlah kursi Partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu sudah memenuhi ketentuan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden sebagaimana diatur dalam Pasal 122 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Koalisi Bertiga Bersatu (Koalisi Indonesia Bersatu) itu antara tiga partai itu sudah memiliki tiket untuk memajukan capres. Siapa pun itu capresnya tentu dengan tiga partai sudah bisa berangkat,” ujar Awiek kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Pasal 222 UU Pemilu menyatakan, hanya parpol atau gabungan parpol yang memiliki minimal 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya yang dapat mengajukan capres/cawapres. Sementara Golkar saat ini sudah memiliki 85 kursi di parlemen, PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi. Dengan demikian, secara total ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu itu memiliki 148 kursi atau 25,7 persen dari jumlah kursi di DPR.

Awiek mengatakan PPP hingga saat belum memikirkan capres atau cawapres yang akan diusung. Begitu juga KIB belum menyepakati tokoh yang akan diusung sebagai capres dan cawapres.

“Siapa nama figurnya, tentu akan dibicarakan dalam pertemuan berikutnya. Kemarin itu pertemuan di tingkat pimpinan partai. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lebih teknis oleh jajaran di bawah, termasuk di tingkat wilayah dan cabang,” kata Awiek.

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam. Pertemuan tersebut menyepakati bahwa ketiga partai ini berkoalisi dan kerja sama di Pemilu 2024 dengan nama koalisi ‘Bertiga-Bersatu’ atau Koalisi Indonesia Bersatu.

“Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tumbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridai oleh Allah SWT,” ujar Airlangga di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/5/2022) malam. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here