Sekjen PPP, Arwani Thomafi

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengundang Bupati Rembang, Abdul Hafidz terkait rencana relokasi Pasar Rembang, Jawa Tengah.

Rencana tersebut menuai protes, terutama dari para pedagang. Pada Rabu (16/2/2022), Perkumpulan Pedagang Pasar Rembang (P3R) bertemu sejumlah fraksi di DPR. Setelah bertemu Fraksi PKB, perwakilan pedagang diterima Fraksi PPP di kantor DPP PPP, Jakarta.

Sekjen PPP yang juga anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah III, Arwani Thomafi memastikan akan menindaklanjuti keluhan pedagang dengan mengundang Abdul Hafidz. Diketahui, Abdul Hafidz merupakan kader PPP.

“Saya akan tindaklanjuti dengan mengundang Pak Bupati dalam forum resmi, untuk mengecek tahapan-tahapan yang sudah dilalui,” kata Arwani di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Audiensi P3R di kantor DPP PPP turut didampingi Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi yang memiliki kedekatan emosional dengan Pasar Rembang. Hal ini karena almarhum ayah Burhanuddin pernah menjadi ketua P3R.

Soal lokasi relokasi, Arwani menilai pemindahan sebaiknya dilakukan ke selatan, bukan ke Pasar Kambing. Untuk itu, Arwani menyatakan, pihaknya segera berkomunikasi dengan Abdul Hafidz untuk menindaklanjuti permintaan para pedagang pasar.

“Saya akan ingatkan beliau akan keluhan bapak dan ibu (pedagang Pasar Rembang), meski kebetulan beliau juga kader kami sendiri,” ujar Arwani.

Menurut Arwani, pemindahan pasar harus disosialisasikan kepada para pedagang dan pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan. Upaya sosialisasi harus dilakukan secara terbuka.

“Perubahan itu harus ke arah yang lebih baik,” imbaunya.

Sementara Burhanuddin menyatakan, ikhtiar membantu para pedagang Pasar Rembang merupakan salah satu amanah yang dipesankan almarhum ayahnya sebelum wafat. Menurut Burhanuddin, ayahnya berharap pembangunan Pasar Rembang berjalan dengan baik, termasuk tidak merugikan pedagang pasar.

Perwakilan P3R Bayan menyatakan, para pedagang Pasar Rembang menolak relokasi dan pembangunan jika pemindahan justru berada di tempat yang sepi pengunjung dan tidak strategis.

“Jangan kami dipindahkan ke Pasar Kambing, di sana sepi. Kami pernah dua tahunan di sana,” kata Bayan. P3R mengusulkan untuk bisa tetep menempati lokasi pasar yang akan dibangun. Jika direlokasi harus tetap dilakukan, pedagang meminta berlokasi ke selatan.

Seperti diketahui, rencana pemindahan Pasar Rembang ke lokasi bekas Pasar Kambing yang berada di sebelah barat pasar mendapatkan protes dari P3R. Terdapat 10 perwakilan P3R yang mendatangi Gedung DPR untuk bertemu dengan anggota parlemen, terutama mereka yang berasal dari Dapil Jateng III (Rembang, Pati, Blora, Grobogan).

Sebelum berdialog dengan Arwani, perwakilan pedagang sempat berkomunikasi dengan anggota Fraksi Golkar DPR, Firman Soebagyo dan anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Harmusa Oktaviani. Perwakilan pedagang juga berkomunikasi dengan Daniel Djohan dari Fraksi PKB DPR dan Sudewo dari Fraksi Gerindra. Para pedagang bahkan turut berdialog dengan Wakil Ketua MPR dari Fraksi Gerindra Ahmad Muzani.

“Alhamdulillah jauh-jauh dari Rembang, kami diterima beliau-beliau dengan sangat baik, mendengarkan keluhan-keluhan kami rakyat yang kesusahan,” kata perwakilan P3R Sri Astuti. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here