Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo.

Isu reshuffle mencuat di saat publik dan para politisi Tanah Air tengah gaduh dengan rencana penundaan pemilu.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melakukan perombkan Kabinet Indonesia Maju pada akhir Maret 2022 mendatang.

Namun demikian, Wakil Ketua Partai NasDem Ahmad Ali mengaku pihaknya belum mendapatkan kabar ihwal rencana perompakan tersebut.

Ia mengakui, memang tak ada kewajiban bagi seorang Kepala Negara melakukan komunikasi dengan partai koalisi saat hendak merombak jajaran pembantu presiden.

“Enggak ada (kabar reshuffle) karena presiden tidak ada kewajiban untuk memberitahukan kepada partai koalisi,” ujar Ahmad Ali kepada KOMPAS.TV, Selasa (8/3/2022).

Ia menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya rencana reshuffle kabinet itu kepada orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Reshuffle itu kewenangan presiden,” kata dia.

Selain itu, dirinya juga tak mempermasalahkan ihwal isu kader PAN yang akan masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. Sebab sekarang partai politik (parpol) pimpinan Zulkifli Hasan itu sudah masuk ke dalam jajaran partai koalisi.

“Bangsa ini bangsa yang besar, semakin banyak yang mengurus akan semakin baik, namun tentunya pemerintah juga butuh koreksi,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim mengembuskan kabar jika Presiden Jokowi pada akhir Maret 2022 nanti akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

“Kalau kabar kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini,” ujar Luqman kepada wartawan, Selasa (8/3).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengaku mendapatkan bocoran kalau nantinya PAN akan mendapatkan jatah satu kursi satu menteri dan wakil menteri.

Namun, ia tak menjelaskan ihwal sosok kader PAN yang akan menjadi pembantu presiden tersebut.

“PAN dapet satu menteri plus satu wamen,” kata dia.

Meski demikian, Luqman mengaku belum bisa menjelaskan lebih rinci terkait sosok dan posisi yang akan dirombak oleh Presiden Jokowi nanti.

“Tapi belum tau pastinya kapan dan posisinya apa, masih kabar-kabar sih,” katanya. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here