Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (24/7). Foto: ANTARA FOTO/Fauzi Lamboka
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (24/7). Foto: ANTARA FOTO/Fauzi Lamboka

Lembaga Indo Riset merilis temuan baru bertajuk ‘Pemilu 2024 potensi Pilpres 2 Putaran’. Salah satu temuan survei yakni elektabilitas NasDem, PKS, PPP dan Demokrat diprediksi naik jika mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menanggapi hal tersebut, Wasekjen Hermawi Taslim menuturkan, partai besutan Surya Paloh ini selalu mengamati setiap perkembangan para kandidat.

“Nama Anies, Ganjar, Khofifah, Andika, dan lainnya, toh yang akan kita kristalkan bukan hanya satu nama, memang situasinya seperti itu. Dinamikanya lagi seperti itu, itu situasi kekinian yang terus kita cermati perubahan dan dinamikanya,” kata Hermawi saat dimintai tanggapan, Jumat (20/5).

“Hasil survei hari ini besok bisa berubah tetapi perubahan demi perubahan itu kita cermati, kita perhatikan dengan sungguh-sungguh,” tegas Hermawi.

Lebih lanjut, Hermawi menyebut, hasil-hasil survei selalu menjadi salah satu pertimbangan menentukan langkah strategis bagi Partai NasDem.

Kaitan dengan pilpres, lanjut Hermawi, situasi sosial kemasyarakatan dan keadaan partai politik ke depan akan terus berubah. Namun, saat ini NasDem masih sibuk mempersiapkan rapat kerja nasional (rakernas) dan menjaring aspirasi masyarakat.

“Kami sendiri sekarang sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan rakernas, pertengahan Juni sekarang pengurus kita lagi ke desa-desa dan kecamatan menjaring aspirasi, lalu nanti dibawa ke Kabupaten/Kota wilayah, baru kita bicarakan di pusat,” pungkas Hermawi.

Diberitakan sebelumnya, Peneliti Indo Riset Roki Arbi mengatakan elektabilitas NasDem, Partai Demokrat, PPP dan PKS berpeluang naik di Pemilu 2024 jika mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

“Ada potensi kenaikan suara NasDem, PKS, PPP dan Demokrat bila mencalonkan Anies,” kata Roki dalam paparan survei secara virtual, Kamis (19/5).

Roki menjelaskan dalam simulasi tertutup, elektabilitas NasDem sebesar 4,3 persen. Jika NasDem mendukung Anies, elektabilitas naik secara signifikan hingga 12 persen.

Hal yang sama juga terjadi pada PKS. Dalam simulasi tertutup elektabilitas PKS sebesar 7,5 persen. Dan jika mendukung Anies, elektabilitas PKS naik menjadi 14,9 persen. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here