Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina kian memanas. Negara-negara PBB diminta berperan aktif untuk mengatasi konflik ini agar tidak berdampak luas pada stabilitas keamanan dunia.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem bidang Hubungan Luar Negeri, Martin Manurung meminta kepada Kemenlu untuk mengantisipasi ketegangan yang terjadi di Ukraina dan Rusia.

“Harus dipikirkan langkah-langkahnya dengan segera. Jika perlu memang dilakukan evakuasi ya supaya dilakukan evakuasi terhadap WNI di sana,” ujar Martin, Selasa, (15/2).

Dengan memburuknya komunikasi disana, Martin mengusulkan kepada Pemerintah Indonesia agar perlu memainkan perannya dalam kanca dunia.

Dikatakan Martin, Indonesia dengan politik internasioalnya yang bebas aktif untuk melakukan komunikasi baik kepada Presiden Putin maupun ke Presiden Biden.

“Setahu saya kedua presiden ini sangat menghormati Indonesia, juga Presiden Jokowi,” harapnya.

Martin menambahkan, saat ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan G20. Dengan posisi Indonesia di mata internasional saat ini akan menjadi lebih strategis untuk melakukan peran-peran diplomasi.

Teknisnya, kata Martin, menjalin komunikasi dengan negara yang menjadi aliansi NATO maupun Rusia.

“Tujuannya, untuk menghindari ketegangan dan tingginya eskalasi yang terjadi di Ukraina,” demikian Martin. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here