Ridwan Kamil

Ketua DPP Partai Nasdem, Saan Mustopa menyebut partainya mempertimbangkan tiga nama untuk dicalonkan sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Ketiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ketiga nama ini memang ada dalam pertimbangan di Partai Nasdem, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Ridwan Kamil,” kata Saan dalam acara rilis survei SMRC, Selasa (15/2/2022).

Soal kapan diputuskannya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu akan memutuskannya pada tahun depan.

Saan mengatakan, partainya memiliki kedekatan dengan Ridwan Kamil, Anies, hingga Ganjar.

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan gubernur Jawa Barat yang diusung sejak jauh hari oleh Nasdem pada Pilkada 2018 lalu.

Adapun Anies merupakan salah satu deklarator organisasi masyarakat Nasional Demokrat pada 2010 lalu.

“Dengan Pak Ganjar juga kita dekat,” ujar Saan.

Saat ini, dikatakan Saan, Nasdem juga sudah mulai menjajaki kemungkinan berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden.

Lebih lanjut, Saan menilai warga Jawa Barat cenderung terbuka dengan setiap tokoh yang menjadi calon presiden.

“Kalau Pak Prabowo memang sudah dua kali (maju pilpres) dan di Jawa Barat selalu menang dan menangnya selalu signifikan. Tapi terhadap pendatang baru, Pak Ganjar maupun Pak Anies, ternyata publik jabar tidak keberatan,” ujar Saan.

Sebelumnya, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul dalam elektabilitas Pilpres 2024 di wilayah Jawa Barat via Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Ridwan Kamil unggul dalam kategori pilihan top of mind (jawaban spontan) dan pertanyaan tertutup 4 nama.

“Kita lihat ada 4 nama yang menempati urutan teratas (top of mind), dan keempatnya sulit kita tentukan mana yang lebih unggul dibanding yang lain. Ridwan Kamil (13%), Anies Baswedan (12,2 %), Prabowo Subianto (12%) dan Ganjar Pranowo (10%), sementara nama-nama lain di bawah 3%,” kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei secara daring, Selasa (15/2/2022).

Namun, Saidiman mengatakan masih ada 43 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Kemudian dalam simulasi 4 nama tertutup, Saidiman mengatakan Ridwan Kamil mendapatkan persentase 22,2%.

“Suara masih terdistribusi secara merata di antara 4 nama teratas ini. Ridwan Kamil (22,2%), Prabowo Subianto (21,9%), Anies Baswedan (19,3%), dan Ganjar Pranowo (17,8%), sementara masih ada 18,8 % yang belum menjawab atau tidak tahu,” kata Saidiman

Diketahui, survei SMRC digelar pada 5-8 Februari 2002 menggunakan metode double sampling dan random digit dialing. Responden yang dapat diwawancarai secara valid adalah sebanyak 801 responden.

Margin of error sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here