Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Maluku
Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Maluku

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kembali dapat dukungan maju jadi capres 2024. Dukungan kali ini disampaikan masyarakat Maluku yang tergabung dalam Maluku Gendong Bung Muhaimin.

Mereka mendatangi kantor DPP PKB di Jakarta untuk menyampaikan langsung dukungan untuk menggendong Cak Imin ke kursi Presiden RI periode berikutnya. Untuk mendukung aksi itu, Maluku Gendong Bung Muhaimin mengklaim sudah memiliki relawan yang tersebar di provinsi Maluku, Maluku Utara, dan daerah lain di Indonesia.

“Kami ingin Maluku maju, setara dengan kawan-kawan di Jawa. Modal utamanya adalah merawat jembatan kemanusiaan di antara kami yang berbeda latar budaya dan agama. Kami percaya Bung Muhaimin mampu memahami dan mengerjakan tugas membangun jembatan itu,” kata salah-seorang tokoh masyarakat Maluku di Jakarta Yopie Patty, dalam keterangannya, Rabu, 23 Maret 2022.

Pun, Yopie yang mewakili aspirasi berharap Cak Imin bisa perhatian terhadap daerah-daerah terdepan di Maluku. Kata dia, daerah terdepan ini diharapkan bisa merasakan kehadiran pemerintah pusat.

Kemudian, dia juga meminta agar Cak Imin bisa berkunjung langsung ke Maluku untuk menampung aspirasi masyarakat.

Sementara, saat pertemuan tersebut, Cak Imin mengutip Martha Christina Tiahahu sebagai inspirasi membangun Maluku. Dia menyebut sosok Christina Tiahahu sebagai sumber kekuatan masyarakat Maluku.

“Maluku sudah selesai dengan masa lalunya. Sudah ditunaikan oleh Martha Christina Tiahahu. Tugas saya untuk melanjutkan inspirasi itu, dan saya akan melaksanakannya” jelas Wakil Ketua DPR tersebut.

Cak Imin berjanji akan mengambil posisi strategis untuk meredam konflik horizontal yang membayangi masyarakat. Dia mengatakan, Maluku terlalu bagus untuk terjebak dalam kecurigaan berbau SARA yang tidak berdasar.

“Tunggu saya di Maluku. Kepentingan kita sama, menyaksikan Maluku yang damai. Kita bersaudara, dan itu final,” sebut eks Menteri Tenaga Kerja itu.

Adapun, Ketua DPP PKB Dita Indah Sari mengatakan, Cak Imin akan coba menerima aspirasi masyarakat Maluku. Dia bilang Cak Imin akan mengestafetkan lagi kegiatan Obor Patimura.

Menurut dia, dengan kegiatan itu dimaksudkan menyegarkan lagi ingatan masyarakat Maluku terhadap tradisi pela gandong. Tradisi itu sebagai sistem kekerabatan faktual masyarakat Maluku. “Maluku itu cantik, manis. Dia tidak boleh kita punggungi,” kata Dita. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here