Muhaimin Iskandar saat membuka Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di Kantor DPP PKB Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)
Muhaimin Iskandar saat membuka Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di Kantor DPP PKB Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai melakukan konsolidasi politik jelang Pilpres 2024. Sejak hari pertama Lebaran 2022, Prabowo terlihat melakukan safari politik ke sejumlah kota, di antaranya Yogyakarta dan Jawa Timur.

Rencana menduetkan Prabowo dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin dalam gelaran Pilpres 2024 pun mulai digaungkan.

Ketua DPP PKB. Daniel Johan mengungkapkan, bahwa kader akar rumput partai yang didirikan oleh para kiai Nahdlatul Ulama (NU) itu banyak yang menginginkan Prabowo berduet dengan Cak Imin.

“Apalagi Pak Prabowo termasuk yang diduetkan dengan Cak Imin oleh para kader di grass root, kita perlu menjawabnya dengan berbuat yang terbaik untuk rakyat, terus mengawal kepentingan dan harapan rakyat,” kata Daniel kepada awak media, Jumat (6/5).

Menurut Daniel, aspirasi kader akar rumput PKB sejalan dengan prediksi Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid. Gus Dur pernah menyatakan bahwa Prabowo akan menjadi orang nomor satu di Indonesia saat di usia tua.

“Gus Dur itu bagi PKB, selain sebagai pendiri, juga kami anggap wali, yang ucapan dan pikirannya sangat visioner melampaui zaman. Semoga ini tanda baik bagi kerja sama dan koalisi yang lebih kuat dengan PKB,” ujarnya.

Meski begitu, kata Daniel, DPP PKB saat ini belum bisa memutuskan apakah Cak Imin rela menjadi Cawapres mendampingi Prabowo.

“Belum ditentukan, saat ini kita mengusung Cak Imin sebagai capres, tapi (kita lihat nanti) ujungnya seperti apa,” kata Daniel.

Diketahui, saat hari pertama Lebaran 2022 Prabowo langsung mengunjungi Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, pada hari yang sama Prabowo juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta. Selanjutnya, Prabowo bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Prabowo juga melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jawa Timur. Lalu, kemarin Prabowo mengunjungi Ponpes Al-Anwar Rembang, Jawa Tengah dan menemui keluarga besar almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. (Pon) [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here