Politikus PKS Mardani Ali Sera sebut Jokowi harus tegas. Foto: Ricardo/JPNN.com
Politikus PKS Mardani Ali Sera sebut Jokowi harus tegas. Foto: Ricardo/JPNN.com

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera angkat bicara menyikapi pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengaku akan taat terhadap konstitusi atas isu penundaan Pemilu 2024.

Menurut legislator Komisi II itu, seharusnya kepala negara bisa membuat komentar tegas menyikapi isu penundaan Pemilu 2024.

“Presiden semestinya jelas dan tegas sikapnya. Jangan memberi peluang tafsir lain,” kata Mardani kepada wartawan, Senin (7/3).

Wakil Ketua BKSAP DPR RI itu menyatakan konstitusi sudah memerintahkan pesta demokrasi di Indonesia dilaksanakan sekali dalam lima tahun.

Jokowi bisa memanggil para elite politik yang menggulirkan penundaan Pemilu 2024, sehingga memunculkan polemik di publik.

“Semestinya presiden mengingatkan yang ingin penundaan atau perpanjangan karena bertentangan dengan konstitusi,” tutur Mardani.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar membeber alasan mengusulkan Pemilu 2024 ditunda satu sampai dua tahun.

Salah satu alasan yang disebut pria yang beken disapa Gus Muhaimin itu ialah masalah ekonomi.

Wakil ketua DPR itu menjelaskan Indonesia pada 2022 dan beberapa tahun mendatang memiliki kecenderungan positif yang luar biasa di sisi ekonomi.

Menurutnya, banyak momentum ekonomi yang akan terjadi di tanah air. Perbaikan ekonomi akan dahsyat memasuki tahun ini.

Isu itu kemudian disambut positif Partai Amanat Nasional (PAN).

Melalui berbagai pertimbangan, parpol yang terbentuk pada 1998 itu menyetujui usul menunda pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami memutuskan setuju pemilu diundur,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/2).

Menurut pria asal Lampung itu, pertumbuhan yang ada saat ini masih berkisar tiga persen sampai 3,5 persen.

“Pun demikian masih banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Usaha-usaha yang berjalan juga belum pulih secara sempurna,” kata dia. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here