Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian. (Foto: istimewa)
Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian. (Foto: istimewa)

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian membeberkan tiga syarat bagi partainya dalam membangun koalisi Pemilu 2024. Pertama, kata Pipin, membangun koalisi dengan partai yang memiliki visi, misi dan program kerja yang sama.

Menurut Pipin, untuk memastikan kesamaan visi, misi dan program kerja membutuhkan waktu yang memadai, tidak bisa dilakukan satu atau dua hari saja.

“Jadi kesamaan visi, misi, program pembangunan ke depan harus lihat, kira-kira ini persoalannya apa, kita harus mulai dari titik evaluasi apakah pemerintahan ini progam kerjanya itu harus dilanjutkan atau harus ada evaluasi. Jadi kita ingin mencari titik kesamaan itu terlebih dahulu,” ujar Pipin dalam diskusi polemik MNC Trijaya bertajuk “Kasak Kusuk Koalisi Partai dan Capres 2024”, Sabtu (14/5/2022).

Kedua, kata Pipin, mencari sosok capres dan cawapres yang memiliki integritas, kapasitas aksesibilitas dan elektabilitas yang mumpuni. PKS, tuturnya, tidak asal mengusung capres dan cawapres, tetapi harus sosok yang berpotensi menang dan benar-benar mampu menyelesaikan persoalan bangsa.

“Jadi kita ingin koalisi ini juga tidak hanya program tetapi sosok capresnya yang kira-kira berpeluang menang dan yang kedua adalah memiliki kemapuan untuk menyelesaikan persoalan bangsa,” tegasnya.

Ketiga, lanjut Pipin mempertimbangkan aspirasi dari dari struktur, kader, pemilih PKS terhadap capres-cawapres yang akan diusung PKS dan mitra koalisi ke depannya. Bagi PKS, kata Pipin, konsolidasi dari bawah sangat penting untuk membangun kekuatan partai secara nasional.

“Saya kira ini hitung-hitungannya, memang harus matang jadi kami harus konsolidasi dari bawah sampai ke atas sehingga modal kami kan sebetulnya bagaimana membangun soliditas struktur, militansi kader dan kerja tim yan baik semua pihak dan lihat momentum 2024 adalah bagaimana PKS bisa menang pemilu dan juga pilpres,” kata Pipin. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here