Partai Keadilan Sejahtera
Partai Keadilan Sejahtera

Anggota DPR RI Komisi X dari fraksi PKS, Fahmi Alaydroes, menerima secara virtual aspirasi dari Yayasan PKBM Sintesa, Senin siang, (11/04).

“Alhamdullillah, forum aspirasi Fraksi PKS bisa tetap berjalan dan dapat mendengarkan suara, harapan, keluhan dari berbagai kalangan, termasuk hari ini dari yayasan PKBM Sintesa. Saya yang dari Komisi X yang bermitra dengan Kemendikbud Ristek, mudah-mudahan dengan hadirnya aspirasi ini dapat menjadikan kebaikan dan mendatangkan manfaat”, sambut Fahmi.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Yayasan PKBM Sintesa, Farid, menjelaskan bahwa poin aspirasi mereka ialah berkenaan dengan murid-murid yang tidak bisa mengikuti ujian dan tidak mendapat ijazah karena melewati batas akhir input data.

“Sejak 2018 kita mengurus izin dan diberikan September 2021. Desember 2021 terbit NPSN untuk input data siswa. Pada 22 Januari 2022, Dapodik siswa berhasil sinkron. Akan tetapi, kita diberitahu bahwa melewati batas input data yang maksimal ialah 31 Desember 2021. Sehingga pada Maret 2022 kemarin, kita diberitahu tidak bisa ikut ujian dan tidak mendapat ijazah”, jelasnya.

Dalam pemaparan lanjutan, Farid menyampaikan bahwa ia bersama rekan yayasan lainnya telah mencoba mencari berbagai macam jalan keluar.

“Sebelum melakukan aspirasi pada saat ini, kami juga telah melakukan aspirasi terhadap dinas pendidikan DKI Jakarta, Biro Dikmental DKI Jakarta dan sebagainya, namun kewenangan akhirnya ada pada Direktorat PMPK Kemendikbud RI. Kami mohon kepada Fraksi PKS untuk dapat membantu persoalan kami ini”, tegas Farid.

Menjawab aspirasi dari Yayasan PKBM Sintesa tersebut, Fahmi mengapresiasi dan menjelaskan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

“Yang dilakukan oleh teman-teman Yayasan Sintesa sudah sangat bagus, melakukan upaya konsultasi dengan dinas-dinas, dan sudah ditempuh, meskipun kewenangan puncaknya ada di Direktorat PMPK Kemendikbud. Ini menjadi catatan kita semua bahwa kepatuhan akan regulasi, sistem dan formal adalah sangat penting”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Fahmi berjanji aspirasi dari Yayasan PKBM Sintesa akan segera ia tindak lanjuti.

“Silahkan berkirim persoalan secara tertulis ke Kami (Fraksi PKS) dan akan kami sampaikan ke Pimpinan Komisi X untuk disampaikan secara langsung ke Kemendikbud RI. Insha Allah semua jalur akan kami tempuh demi kebaikan anak-anak kita di yayasan”, tutup Fahmi. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here