Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, saat memberikan sambutan. (Foto: Aries Usboko/Bernas.ID)
Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, saat memberikan sambutan. (Foto: Aries Usboko/Bernas.ID)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara resmi telah mengumumkan nama-nama para bakal calon Gubernur, Walikota, Wakil Walikota Kupang, Bupati serta Wakil Bupati di tahun 2024 mendatang dan menjadi yang pertama di Indonesia dari internal partai.

Ketua DPD Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Rafafi Gah, SH,M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Hanura merupakan satu-satunya partai politik yang saat ini Roda dan mesin partai bergerak di seluruh wilayah NTT, dan untuk itu kegiatan launching calon kepala daerah dan wakil kepala daerah merupakan satu komitmen besar partai dalam menjalankan amanah dan kiprah partai dalam pengkaderan atau pemilahan dan pemilihan calon kepala dan wakil kepala daerah baik dari calon gubernur, bupati dan wakil bupati.

“Partai Hanura NTT secara resmi sudah mengumumkan para bakal calon Gubernur, Walikota, Wakil Walikota Kupang dan kepala daerah,untuk semua tingkatan se-NTT, pada pemilu 2024 nanti. Nah partai Hanura menjadi partai pertama yang melakukan ini sebagai komitmen dalam menyambut perhelatan politik di 2024” tegas Refafi.

Refafi menjelaskan, tercatat sebanyak 35 nama bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur, walikota, Wakil Walikota, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada semua tingkatan yang diumumkan dalam acara launching pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Sabtu (30/04/2022), di Sekretariat DPD Hanura NTT.

Refafi mengatakan, alasan utama Partai Hanura NTT lebih dini mengumumkan hal tersebut, karena mereka ingin menunjukan bagaiman proses berdemokrasi secara luas dan terbuka.

Refafi juga mengemukakan alasan lain partai Hanura NTT mengumumkan secara dini nama-nama para bakal calon Gubernur, Walikota, Kepala Daerah untuk semua tingkatan di NTT, karena Partai Hanura NTT ingin membuat tradisi baru dalam perekrutan kader-kader partai mengikuti kompetisi dalam Pilkada 2024 mendatang. “Ini ditunjukan partai Hanura NTT bagaimana proses berdemokrasi secara luas dan terbuka di ruang publik atau tidak lagi tertutup. Karena itu bisa dilihat nama-nama yang terjaring partai Hanura itu”, kata Refafi.

Ia menambahkan, pengumuman awal nama-nama para bakal ini merupakan terobosan baru yang dibuat Ketua DPD Partai Hanura NTT Refafi Gah, yang melihat bahwa proses rekrutmen kader selama ini berjalan tertutup dan terbatas pada kalangan sendiri.

Oleh karena itu DPD Partai Hanura NTT membuat kebijakan baru dengan membuka diri dan lebih luas memberi kesempatan kepada Kader Senior berpengalaman, perempuan hebat dan bukan sekedar memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan dalam pencalonan, dan kaum milenial yang produktif, kreatif, energic dan militant.

“Partai Hanura menyikapinya dengan memproses bakal calon kepala daerah dan bakal calon Gubernur, Walikota, lebih awal. Nah dengan demikian kita punya waktu untuk program-program selanjutnya. Karena partai punya prioritas otorisasi sendiri seperti, Memenangkan Pilkada 2024 dan Konsolidasi organisasi Partai. prioritas itu harus jauh-jauh kita persiapkan oleh partai, baik dalam jenjang organisasi tingkat Provinsi dan Kabupaten-Kota, maupun di tingkat nasional. Proses ini berjalan terbuka dan dialogis,” tegasnya.

Partai Hanura, kata Refafi, akan membuktikan jati dirinya bahwa Hanura adalah salah satu partai yang tangguh. Partai Hanura akan melaunching dan mempertontonkan kepada publik orang-orang hebat Partai Hanura di konstelasi politik 2024 mendatang. “Saudara-saudaraku, kita buktikan kepada mereka di luar sana, bahwa Partai Hanura ditendang pun tidak jadi sampah, disanjung pun tidak jadi rembulan. Maka jangan ragu dengan Partai Hanura,” jelas Ketua DPD Hanura NTT yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi itu.

“saya mengibaratkan Hanura NTT seperti seorang gadis manis yang menanti pinangan besar. Siapapun punya hak menilai Hanura dari kacamata dan pemahaman yang berbeda, akan tetapi kader Hanura terus berjalan dan siap bertarung habis-habisan di tahun 2024”,ungkapnya.

Sementara Wakil Walikota, Hermanus Man Dalam arahannya, memberikan apresiasi kepada DPD Partai Hanura NTT yang telah lebih awal mengumumkan para bakal calon Gubernur, walikota dan bakal calon kepala daerah. Ia meminta para bakal calon harus benar-benar memahami daerah penugasannya masing-masing.

“Kalau tidak memahami daerah penugasan maka sulit beradaptasi atau melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan rasa simpati dari publik, juga bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan mendesak dari daerah penugasan, untuk selanjutnya bisa diatasi baik secara pribadi maupun secara bersama-sama dengan kader Hanura lainnya baik di eksekutif maupun di legislatif,” sebutnya.

Ia mengatakan, dengan penjaringan dan pengumuman lebih cepat, Partai Hanura ingin menunjukkan tradisi baru membudayakan praktik berdemokrasi yang sehat dan terbuka untuk publik.

“Dengan umumkan lebih cepat, Hanura ingin menyiapkan kader internal yang berkualitas dan membuka diri terhadap pihak luar yang bersiap diri maju pada pilkada 2024 melalui aturan dan mekanisme Partai Hanura,” katanya.

Wakil Walikota Kupang ini menambahkan, daftar nama para bakal calon itu mewakili para tokoh berkualitas dari unsur senior berpengalaman, kalangan perempuan dan kaum muda milenial.

Ia menuturkan, setelah diumumkan nama-namanya para bakal calon diminta turun ke masyarakat memperkenalkan diri sehingga bisa dikenal masyarakat. “semua bakal calon yang diumumkan ini disurvei dari waktu ke waktu untuk melihat elektabilitasnya. Hasilnya nanti dievaluasi oleh pimpinan DPD Hanura baik Kabupaten dan Kota, DPD Hanura NTT dan DPP Partai Hanura pusat.

Pengumuman itu dibacakan langsung oleh Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Elias Koa, S.I.P, disaksikan langsung juga oleh Ketua Umum Partai Hanura Dr. Oesman Sapta Odang dan Sekjen Partai Hanura Kodrat Syah, yang tersambung secara virtual.

“Pada kesempatan ini atas izin Bapak ketua DPD Hanura NTT, maka saya akan mengumumkan nama-nama yang kemudian sudah jadi keputusan DPD Partai untuk maju dan berjuang memenangkan Pilkada tahun 2024”,kata Sekretaris DPD Hanura NTT.

Adapun nama-nama yang dibacakan yakni;

NAMA BAKAL CALON GUBERNUR NTT

Viktor Bungtilu Laiskodat
NAMA BAKAL CALON WAKIL GUBERNUR

Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd
Drs. Yosep Nae Soi, M.M
NAMA BAKAL CALON WALIKOTA :

Elias Koa, S.I.P
Melkianus Rudolf Balle, SH.,M.Hum
Adrian Manafe, S.H.,M.H
Ir. Petrus Christian Mboeik
Ir. Alexander Foenay
dr. Hermanus Man
NAMA BAKAL CALON WAKIL WALIKOTA

Indra W. Erwin Gah, SE., M.Sc
Luisa Redempta Yosheline Lana, SH
Diana O. Bire, S.Sos
Dominggus Kalehia
Mokrianus Imanuel Lay
Lesli A. Lay, S.H
Melki J. Saek, S.T., M.Si
Nouvi S. Rihi., S.Pd, M.Pd
Hamdan Saleh Batjo
NAMA BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN FLORES TIMUR

Drs. Fransiskus Diaz Allfi, MM
Michael M.O.F Leway, ST
Dr. Drs. Y. A. T. Lukman Riberu
Yoseph Sani Betan
Stefanus Ola Demon, ST., MT
Antonius Doni Dihen
Dr. Keron A. Petrus, SE, MA
NAMA BAKAL CALON WAKIL BUPATI KABUPATEN FLORES TIMUR

Siprianus Woka Ritan, SE
NAMA BAKAL CALON BUPATI KABUPATEN LEMBATA

Yohanes De Rosari, SE
Dr. Thomas Ola Langoday,SE, M.Si
Herman Wutun
Petrus Sinu Manuk
NAMA-NAMA BAKAL CALON WAKIL BUPATI LEMBATA

Yoseph Meran Lagaur, S.I.Kom
Stanis Kebesa Langoday, SE
Juprianus Lamabelawa, SH. MH
Drs. Petrus Toda Atawolo
Ir Lukas Witak Lipatama
Turut hadir para ketua dalam kegiatan tersebut, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten/Kota Se-NTT, anggota DPRD Provinsi NTT, DPRD Kabupaten/Kota asal Partai Hanura, Bakal Calon Walikota Kupang, Alexander Foenay, Dr,Hermanus Man, Calon Bupati Lembata Simon Petrus Manuk, Jajaran pengurus Partai Hanura Provinsi NTT dan Kabupaten/Kota. (*) [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here