Kadek Arimbawa

Bali memiliki banyak seniman hebat. Salah satu seniman yang populer di Pulau Dewata itu adalah Lolak.

Lolak memiliki nama lengkap I Kadek Arimbawa. Ia dikenal sebagai seniman bondres, yakni kesenian tradisional di Bali yang menampilkan tokoh-tokoh lucu menggunakan topeng dengan pakaian tradisional Bali.

Lolak sering tampil di panggung pedesaan, dan siaran televisi lokal dengan menyuguhkan humor lokal. Penampilannya unik dengan gaya rambut disisir ke atas dengan warna keemasan, dan pakaian mirip anak punk.

Karirnya sebagai pelawak dimulai saat bergabung dalam Paguyuban Lawak Bali. Pria kelahiran Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung 31 Desember 1976 ini, juga sempat mengelola rumah rekaman dan penyewaan sound system.

Kunci keberhasilan Lolak mendapatkan simpati masyarakat, karena dia sering tampil secara gratis untuk acara penggalian dana bagi pembangunan banjar, dan pura desa. Panitia akan mendapatkan dana dengan menarik tiket masuk kepada setiap warga yang datang menonton.

Mendapat simpati masyarakat ini pula yang mengantar Lolak menjadi anggota DPD RI Perwakilan Bali selama dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019.

Bahkan dari empat anggota DPD RI asal Bali periode 2014-2019, Lolak menjadi satu-satunya petahana yang berhasil terpilih untuk kedua kalinya.

Keberhasilan ayah tiga anak dari hasil pernikahan dengan artis pop Bali Dek Ulik ini cukup luar biasa, karena berhasil mendapatkan 161.607 suara dan menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak kedua.

Jelang Pemilu 2019, Lolak berlabuh ke Partai Hanura. Ia duduk sebagai salah satu Ketua DPP Partai Hanur dan bertarung sebagai Caleg RI Dapil Bali pada Pileg 2019.

Sayangnya, ia gagal melenggang sebagai wakil rakyat ke Senayan. Ia lalu didaulat menjadi nakhoda DPD Partai Hanura Provinsi Bali hingga kini.

Jelang Pemilu 2024, Lolak pun mulai mempersiapkan diri, termasuk menghadapi verifikasi faktual oleh KPU. Bersamaan dengan itu, ia mengajak masyarakat Bali untuk bergabung dengan partai yang ia pimpin.

“Pintu Partai Hanura sangat terbuka apabila ada yang ingin bergabung untuk bersama-sama membangun Bali menjadi lebih baik,” tutur Lolak, saat silaturahmi Polda Bali dengan pengurus DPD Partai Hanura Provinsi Bali, di Denpasar, Jumat 11 Februari 2022.

Dalam silaturahmi yang dihadiri Kasubdit Politik Polda Bali AKBP Ni Nyoman Wismawati dan jajaran ini, Lolak juga secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Polda Bali.

Dalam berbagai kontestasi politik hingga selama pandemi Covid-19 melanda, Polda Bali senantiasa sigap dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Pulau Dewata.

“Kami berkomitmen bersama Polri menjaga kondusifitas di Pulau Dewata. Kami juga mengajak seluruh masyarakat Bali untuk bersama-sama menjaga Bali agar tetap aman,” tutur Lolak.[Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here