Anggota DPR sekaligus politikus Partai Gerindra, Habiburokhman, menghadiri sidang putusan pria pembawa bendera, Dede Lutfi Alfiandi, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 30 Januari 2020. TEMPO/Lani Diana
Anggota DPR sekaligus politikus Partai Gerindra, Habiburokhman, menghadiri sidang putusan pria pembawa bendera, Dede Lutfi Alfiandi, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 30 Januari 2020. TEMPO/Lani Diana

Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman, mengaku senang dengan hasil survei Populi Center menyatakan nama Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memiliki popularitas yang sangat tinggi. Menurut hasil survei tersebut, Prabowo berpeluang menjadi calon presiden sementara Sandiaga Uno disebut sebagai calon wakil presiden paling populer.

“Hasil survei tersebut sangat menggembirakan bagi kami. Ternyata kerja keras Pak Prabowo dan Pak Sandiaga di kabinet mendapat apresiasi dari rakyat,” ujar Habiburokhman saat dihubungi Tempo, Senin, 25 April 2022.

Habiburokhman menerangkan, hasil survei yang tinggi menjadi cerminan rakyat memonitor kinerja kedua pasangan tersebut. Menurut Habiburokhman, survei itu juga menunjukkan kerja keduanya maksimal di masing-masing kementerian.

Sebelumnya, peneliti sekaligus Deputi Direktur Eksekutif Populi Center, Rafif Pamenang Imawan, menjelaskan bahwa Prabowo Subianto masih menjadi menjadi tokoh yang paling banyak dikenal/ populer dengan 92,3 persen. Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan 78,5 persen dan Anies Baswedan 78,1 persen.

Rafif menyatakan bahwa tokoh-tokoh lainnya seperti Ganjar Pranowo, Erick Thohir dan Airlangga Hartarto justru mengalami peningkatan popularitas.

“Ini menarik, ada yang relatif popularitasnya sama dalam kurun waktu setahun setengah yaitu Prabowo, Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan,” ujar Rafif dalam diskusi virtual pada Ahad, 24 April 2022.

Survei ini digelar pada 21-29 Maret 2022 dengan sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Indonesia. Responden dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka. Populi mengklaim margin of error survei ini kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto sebagai tokoh yang paling banyak disukai masyarakat dengan 70,6 persen. Disusul Sandiaga Uno (65,1 persen), Anies Baswedan (58,7 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Ridwan Kamil (51,6 persen), Tri Rismaharini (51,1 persen), Khofifah Indar Parawansa (47 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (40,7 persen).

Tokoh lain yang di bawah 40 persen yakni, Puan Maharani (36,2 persen), Erick Thohir (35,6 persen), Nadiem Makarim (33,7 persen), Tito Karnavian (25,9 persen), Andika Perkasa (25,2 persen), Muhaimin Iskandar (20,1 persen), dan Airlangga Hartarto (19 persen).

“Sisa angka masuk kategori tidak tahu/ tidak jawab,” tutur Rafif.

Yang menarik, menurut hasil survei Populi, Joko Widodo masih akan memenangkan pemilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Jokowi disebut mendapatkan suara hingga 15,5 persen, unggul dari Prabowo Subianto (13,4 persen), Ganjar Pranowo (11,6 persen) dan Anies Baswedan (7,2 persen). Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil masing-masing mendapatkan suara sebesar 2,2 persen. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here