Foto: DPD Demokrat dan DPD PDIP Sultra mengeluarkan pernyataan bersama menolak wacana penundaan pemilu (Istimewa)
Foto: DPD Demokrat dan DPD PDIP Sultra mengeluarkan pernyataan bersama menolak wacana penundaan pemilu (Istimewa)

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat dan DPD PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pertemuan yang membahas soal wacana penundaan Pemilu 2024. Dengan tegas kedua partai itu menolak penundaan dan sepakat pemilu tetap digelar 2024.
“Alhamdulillah, kami (DPD Demokrat dan PDIP Sultra) bersepakat menolak penundaan pelaksanaan pemilu tahun 2024,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang melalui keterangan resmi, Rabu (16/3/2022).

Pertemuan kedua parpol tersebut berlangsung di Kantor DPD PDIP Sultra.

Endang mengungkapkan wacana yang dikemukakan para penggerak gerakan menunda Pemilu 2022 tidak memiliki alasan yang mendasar. Bahkan, menurut dia, penundaan Pemilu 2024 melanggar Konstitusi UUD 1946 Pasal 22 E.

Dampaknya, kata Endang, jika dipaksakan maka berpotensi terjadi chaos (kekacauan) dan memungkinkan masuknya kembali militer dalam politik.

“Ini pada gilirannya bisa memundurkan demokrasi kita,” tegas Endang.

Sementara itu, Wakil Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPD PDIP Sultra Hasan Basri juga mengungkapkan sikap partainya sama dan tegas menolak wacana penundaan pemilu.

Hasan mengungkapkan jajaran DPP sampai ranting partai tegas menolak adanya para penggerak yang mewacanakan penundaan Pemilu 2024.

“Tidak benar kalau ada yang mengatakan kader atau simpatisan PDIP itu mendukung penundaan pemilu,” tegas Hasan.

Sehingga, kedua kepengurusan partai di tingkat provinsi ini tetap menginginkan pemilu dilaksanakan pada tahun 2024 sesuai jadwal.

Dalam pertemuan itu tampak hadir para tokoh kedua partai. Dari Demokrat selain Endang juga terlihat Sekretaris DPD Demokrat Sultra S. Budhi Prasodjo, bendahara yang juga Ketua Komisi I DPRD Sultra Rifqi Saifullah Rasak dan pengurus lainnya.

Sementara dari PDIP selain Hasan Basri, hadir pula Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas, Wakil Ketua DPD PDIP yang juga Aleg DPRD Sultra, Amir Faisal, Wakil Ketua Made Suparna, Kasek DPD PDIP, mantan Ketua PDIP Kota Kendari Alwi Genda hingga pengurus lainnya. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here