Ketum PAN, Zulkifli Hasan, menyelesaikan safarinya di Provinsi Jateng di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar, Kamis (31/3/2022). (Sindonews.com/Ist)
Ketum PAN, Zulkifli Hasan, menyelesaikan safarinya di Provinsi Jateng di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar, Kamis (31/3/2022). (Sindonews.com/Ist)

Partai Amanat Nasional (PAN) serius ingin mengembalikan suara DPR di Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu ditunjukkan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dengan menuntaskan safari politik yang dijalani selama total 25 hari dalam tiga gelombang, Kamis (31/3/2022).

Wakil Ketua MPR RI yang akrab disapa Zulhas itu telah mendatangi seluruh 35 kabupaten dan kota di Jateng.

“Alhamdulillah saya sudah menuntaskan safari ke 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ini penutup yang terakhir di Karanganyar. Di setiap kota saya selalu mendatangi PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) dan juga bupati atau wali kota. Jateng ini saya sudah semua,” jelasnya di hadapan pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar.

Menurut Zulhas, saat ini partainya memang menerapkan strategi kolaborasi.

“Sepuluh tahun kita konfrontasi terus, berlawanan, hasilnya apa? Suara PAN di Jateng dari delapan jadi nol, enggak ada angka lagi di bawah nol. Kita mengerti masyarakat Jateng itu enggak suka yang nyerang-nyerang, nyinyir dan keras. Kita harus empatik, komunikatif, bisa diajak kolaborasi. Insya Allah dengan pendekatan ini PAN Jateng akan bangkit. Tidak ada itu daerah yang kering atau basah, semua bisa dikerjakan,” paparnya.

Strategi yang dilakukan Zulhas untuk menggarap kembali elektoral PAN di Jateng cukup berhasil. PDM yang dikunjunginya menyampaikan apresiasi besar.

“Kerawuhan (kedatangan) Pak Zul adalah suatu kebahagiaan bagi kami. Kami merasa diperhatikan. Jadi bisa banyak menitipkan aspirasi warga Muhammadiyah dan Aisyiyah,” kata Ketua Muhammadiyah Wonogiri, Kusman Toha, di Kompleks PKU Muhammadiyah Wonogiri.

Kusman mengumpulkan semua pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk menyambut kedatangan mantan Menteri Kehutanan tersebut pada Rabu (30/3/2022).

Hal senada disampaikan sejumlah kepala daerah yang didatangi Zulhas. Salah satunya Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, yang mengumpulkan unsur Forkopimda Sukoharjo untuk menerima kunjungan ketum PAN.

“Saya sudah tunggu-tunggu dikunjungi Pak Zul. Kemarin ada acara dengan gubernur bersama seluruh bupati/wali kota Jateng. Teman-teman pada tanya, ‘Sudah kerawuhan Pak Zul belum? Diskusinya seru. Akrab’. Alhamdulillah sekarang Sukoharjo kedatangan Pak Zul,” jelasnya.

Selama berkeliling Provinsi Jateng, Zulhas mendatangi kepala-kepala daerah, pimpinan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, ormas Islam hingga pondok pesantren. Zulhas didampingi sejumlah anggota DPR Fraksi PAN, pengurus DPP dan tak jarang juga mengajak publik figur yang merupakan kader PAN seperti Pasha Ungu, Desy Ratnasari hingga Deny Cagur. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here