Partai Amanat Nasional
Partai Amanat Nasional

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, memastikan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Golkar, PAN, dan PPP, tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Hal itu disampaikan Yoga menjawab sentilan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang menuding KIB terlalu dini memikirkan politik dibanding membantu pemerintahan.

“Koalisi Indonesia Bersatu dijamin tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan karena Pak Airlangga dan Pak Suharso adalah menteri presiden. Justru KIB bertanggung jawab atas peningkatan kinerja pemerintahan,” kata Viva Yoga kepada wartawan, Sabtu (21/5).

Viva menegaskan, KIB sangat berkomitmen dan bertanggung jawab atas peningkatan kinerja pemerintah. Karena koalisi ini merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi-Maruf.

Adanya KIB justru akan menjadi momentum baik untuk mentradisikan penggabungan parpol dalam mempersiapkan Pilpres 2024.

“Tidak diputuskan injury time, last minute. Adanya kesepakatan sejak awal akan mempermudah untuk merencanakan platform koalisi dalam rangka visi Indonesia dan pemerintahan ke depan,” katanya.

Ditambahkan Viva, KIB juga akan menjadi bagian dari proses pendidikan politik rakyat, bahwa pemilu harus diarahkan ke ranah rasional, modern, terukur, transparan, akuntabel, mencerdaskan, dan menggembirakan.

Jika beberapa event silaturahmi antar pimpinan partai politik masih belum menemukan format koalisi, tentu perlu pendalaman lebih lanjut, terutama tentang platform, visi dan rencana kerja, figur dan posisi, serta variabel penilaian lainnya.

“Upaya kreatif masing-masing partai politik untuk saling pendekatan, saling lirik, saling jatuh cinta, dan bersepakat akan menuju pelaminan politik adalah hak dasar parpol yang dijamin UUD 1945 dan diperjelas di UU 7/2017 tentang pemilu,” tutupnya.[Fhr] [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here