Pendiri PAN, Amin Rais

Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) bakal menggelar pergantian pucuk kepemimpinan. Kongres yang bakal digelar pada pekan depan dinilai jadi momentum penting bagi kejayaan organisasi pemuda sekaligus Partai Amanat Nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Pengamat Politik Stratakindo, Octarina Subardjo. Menurutnya, kongres BM PAN kali ini sangat berbeda dengan kongres sebelumnya. Pasalnya, muncul sederet nama baru yang sebelumnya tidak disangka-sangka akan ikut memeriahkan pesta demokrasi di tubuh BM PAN.

“Saya kira kongres kali ini cukup menarik yah. Pertama dari sisi relasi kuasa, BM PAN nampak semakin independen dan menampilkan apa yang sering digaungkan di internalnya, perkasa. Satu idiom yang menurut saya butuh pembuktian. Kedua, jadi berbeda iklim politik dan demokrasinya lantaran hari ini PAN telah lepas dari bayang-bayang Amin Rais yang kita tahu semua betapa beliau punya peran kuat termasuk menentukan siapa yang akan jadi pimpinan di organisasi otonom seperti BM PAN,” ungkapnya, Selasa (15/2/2022).

Meski begitu, Octa menyebut tidak menutup kemungkinan model dan gaya politik Amin Rais muncul kembali dengan aktor yang berbeda. Hal ini yang menurutnya harus diwaspadai oleh keluarga besar BM PAN.

“Saya melihat tidak menutup kemungkinan bakal muncul aktor baru yang gayanya persis dengan Amin Rais. Ini yang saya kira jadi tantangan bagi kader BM PAN, bagaimana kemudian melepaskan bayang-bayang Amin Rais secara total sehingga demokrasi di tubuh BM PAN betul-betul matang dan solid. Jangan sampai covernya kongres, tetapi calonnya sudah keluar diawal sebelum kongres digelar,” imbuhnya.

Diketahui, kongres BM PAN sendiri bakal digelar pada tanggal 21 Februari 2022 di Aston Hotel Sentul, Bogor. Sementara untuk calon yang telah terdaftar diantaranya, Sigit atau Pasha ‘Ungu’, Mitra Fahrudin, Riyan Hidayat dan Slamet Riyadi. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here