Partai Amanat Nasional
Partai Amanat Nasional

Seorang kader Partai Amanat Nasional (PAN) Popon Supriatin di Subang ditangkap polisi. Ia tangkap karena diduga memalsukan ijazah Strata 1 (S1) STAI Yamisa Soreang, Kabupaten Bandung.

Penahanan politisi yang akan menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Subang tersebut berawal dari laporan Sri Rahayu Sugiharti, sesama kader DPD PAN Subang.

Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipdter) Satreskrim Polres Subang, Ipda Raka Dwi Darma membenarkan penahanan terhadap kader PAN tersebut.

“Iya, benar, Unit Tipidter Satreskrim Polres Subang sudah melakukan penahanan terhadap tersangka Popon Supriatin, dalam kasus dugaan ijasah palsu” ujar Raka kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Tersangka Popon Supriatin akan ditahan selama beberapa hari ke depan. Itu dalam rangka proses penyidikan dugaan laporan ijazah palsu.

“Tersangka Popon Supriatin akan ditahan hingga 20 hari ke depan untuk kepentingan penyidikan. Kasus yang menjeratnya yakni kasus dugaan ijasah palsu STAI Yamisa yang dimilikinya” katanya.

Sementara itu, pelapor Sri Rahayu Sugiharti melalui pengacaranya, Enden Septiana, mengapresiasi kepolisian yang sudah menahan Popon.

“Langkah hukum yang dilakukan oleh Polres Subang telah sesuai dengan aturan hukum” ungkap Enden.

“Polres Subang sudah tegas dalam menegakkan hukum dan tak pandang bulu, termasuk terhadap politikus PAN Subang Popon Supriatin yang telah ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan dalam kasus dugaan ijasah palsu Strata 1 STAI Yamisa Soreang yang dimilikinya” tegasnya.

Sementara itu, setelah ditahan, harapan Popon menjadi anggota DPRD Subang sirna. Pasalnya, sebelumnya ia meminta untuk bisa secepatnya dilantik menjadi anggota DPRD Subang Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Fraksi PAN.

Pelantikan Popon Supriatin sebagai calon PAW anggota DPRD menggantikan almarhum Tatang Kusnandar, terpaksa harus ditunda hingga ada putusan hukum tetap (inkrah) terkait kasus hukum yang menjeratnya.[fed] [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here