Anggota Komisi II Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai penunjukan Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN sesuai kriteria. Foto/SINDOnews
Anggota Komisi II Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai penunjukan Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN sesuai kriteria. Foto/SINDOnews

Anggota Komisi II Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menyoroti sosok mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono yang santer dikabarkan menjadi calon terkuat untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Soal kriteria, Guspardi berharap Kepala Otorita ini berasal dari kalangan profesional dan tidak terafiliasi pada salah satu parpol. Dia juga ingin kepala otorita tersebut memiliki kualitas moral, kapasitas, kapabilitas, dan independen.

“Ini hak progeratif Presiden. Tapi tentu siapa saja berhak menyampaikan kriteria. Kalau memang Pak Bambang adalah sosok dengan kriteria yang saya sampaikan, tentu kita apresiasi,” kata Guspardi, Rabu (9/3/2022).

Jika benar Bambang Susantono yang dipilih, maka Guspardi memintanya untuk menyiapkan diri dalam rangka mengemban tugas dan tanggung jawab untuk jadi Kepala Otorita yang tugasnya amat berat.

“Sebab, apabila dibandingkan dengan jabatan menteri, tugas Kepala Otorita akan lebih berat. Mulai dari segi anggaran, belum lagi tekanan dari masyarakat yang akan terus memantau perkembangan IKN,” ujarnya.

Oleh karena itu, Guspardi menyatakan bahwa jabatan ini harus selektif betul diberikan bagi siapapun, termasuk Bambang Susantono. Untuk tokoh yang akan ditunjuk Presiden, dia harus siap dari segala kemungkinan, apalagi dalam kondisi menghadapi Pemilu 2024 dan anggaran yang cukup besar tentu sangat besar tekanannya.

“Jadi siapa pun yang ditunjuk oleh Jokowi orangnya harus profesional, independen, punya kapasitas kapabelitas dan berintegritas,” kata anggota Baleg DPR RI tersebut. [Sumber berita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here